Jumat, 20 Maret 2015

ARTIKEL ILMIAH



PEMANFAATAN TOMAT UNTUK JELI
Artikel ilmiah ini disusun untuk memenuhi ujian praktik Bahasa Indonesia tahun ajaran 2014/2015


Oleh:
Adistiani Wulandari
IX.1 / 02

PEMERINTAH KOTA MALANG
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 3
(JUNIOR HIGH SCHOOL)
Jl. Dr. Cipto No.20 Malang 65111 Telp: 0341-362612 Fax 0341-340234
Februari 2015



PEMANFAATAN TOMAT UNTUK JELI
Oleh :
SMP Negeri 3 Malang

Wulandari, Adistiani.  2015. Pemanfaatan Tomat Untuk Jeli.
     Adalah penelitian tentang kuliner dengan pembimbing Dra. Z. Nurlailie

ABSTRAK
Jajanan jeli yang sekarang ini banyak beredar di pasaran mempunyai banyak rasa diantaranya leci, anggur, apel, strawberry, dll. Namun,belum pernah dijumpai jeli dengan rasa tomat. Selain itu, juga belum ada produk olahan lain dari tomat selain jus dan saos. Karena tidak semua orang atau anak – anak menyukai atau bahkan mau memakan buah tomat dan agar tetap dapat memperoleh gizi dari tomat, maka penulis mencoba melakukan penelitian. Dalam karya tulis ilmiah ini metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah studi literatur, observasi, dan penelitian. Berdasarkan hasil studi literatur, tomat juga mengandung pektin yang menjadi prinsip pembuatan jeli. Kemudian dilakukan percobaan membuat jeli dari tomat. Dalam pembuatannya, diperlukan penambahan pektin, karena kandungan pektin pada tomat (0,17% - 0,25%) tidak mencukupi prinsip pembuatan jeli (0,5% - 1,5%).Cara membuat jeli dari tomat sangatlah sederhana. Yaitu dimulai dengan membuat sari buah tomat terlebih dahulu. Kemudian sari buah dicampurkan dengan gula dan tambahan pektin. Campuran tadi dimasak hingga matang. Tanda kematangannya yaitu bila dituangkan jatuhnya terputus – putus dan tercium aroma buah tomat yang khas. Yang terakhir menuangkan adonan ke dalam cetakan. Jeli yang yang dihasilkan dari buah tomat tidak kalah enak dengan jeli pada umumnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket, bahwa seluruh sampel telah menyukai hasil jeli dari tomat. Jeli dari tomat ini lebih sehat, karena tidak menggunakan bahan pengawet berbahaya. Buah tomat juga mengadung zat gizi yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin A, kalsium , zat besi, fosfor, protein, dll.


KATA KUNCI :
jeli, tomat, jeli dari tomat

            Sekarang ini ada berbagai macam jajanan anak, salah satunya adalah jeli. Terdapat aneka rasa jeli diantaranya leci, anggur, apel, strawberry, dll. Belum ada dijumpai jeli dengan rasa tomat. Selain itu, belum sering dijumpai produk jajanan anak – anak berbahan tomat selain jus. Maka dibuatlah hasil olahan lain dari tomat, yakni jeli.
Prinsip membuat jeli yaitu buah yang dipilih harus mengandung pektin (senyawa karbohidrat yang berguna membentuk gel jika bereaksi dengan gula dan asam), dengan syarat 0,5% - 1,5%  misanya pisang, apel, pepaya, tomat, dll. Tomat mengandung pektin 0, 17% - 0,25%. Sedangkan tomat yang matang mengandung pektin sekitar 0,22%. Dengan demikian dapat dibuat jeli dari tomat, yaitu produk olahan makanan kental dari sari buah tomat.

METODOLOGI
Berikut adalah waktu penelitian yang dilakukan 2 kali di rumah orang tua sendiri tepatnya Jl. Moch Rasyid Gg. 3.
No.
Hari
Tanggal
Waktu
Kegiatan
1.
Minggu
28 Desember 2014
9.20 – 11.30
Eksperimen I
2.
Selasa
30 Desember 2014
2.00 – 3.50
Eksperimen II







Alat yang digunakan : pisau, blender, panci, kain saring (blacu) atau saringan, dan timbangan. Bahan untuk membuat sari buah tomat : 1 buah tomat tua yang belum matang (100 gr), 1 buah tomat tua yang sudah matang (100 gr), dan 150  ml air. Sedangkan bahan untuk membuat jeli dari tomat: 400 gr sari buah tomat,  3 sendok makan gula pasir, dan 1 sdt pektin (dapat diganti pengental makanan lainnya)
Cara kerja pembuatan sari buah tomat: kulit buah tomat dikupas, dipotong kecil – kecil, lalu masukkan ke dalam panci yang sudah diisi air. Direbus 5 – 10 menit dengan api sedang. Dihancurkan dengan blender hingga halus. Disaring menggunakan kain saring (blacu) atau saringan. Lalu biarkan hingga sari buah dingin. Ditimbang sebanyak 400 gram.
Cara kerja pembuatan jeli dari tomat: memasukkan sari buah tomat dan gula ke dalam panci, lalu dimasak dengan api kecil. Ditambahkan pengental (pektin). Dimasak sambil diaduk – aduk hingga matang. Tanda kematangannya yaitu bila dituangkan jatuhnya terputus – putus dan tercium aroma buah tomat yang khas. Kemudian dituangkan ke dalam cetakan dan biarkan hingga mengeras. Masukkan ke lemari pendingin agar lebih nikmat.
Berdasarkan angket penelitian, hasil yang diperoleh adalah 100 % sampel atau 10 sampel meyukai hasil jeli dari tomat. Namun, 10% sampel agak menyukai hasil jeli dari tomat.

PEMBAHASAN
Dalam pembuatan jeli dari tomat dilakukan dalam 2 tahap. Yang pertama membuat sari buah tomat terlebih dahulu, kemudian membuat jelinya. Cara membuat jeli dari tomat yakni dengan mencampurkan bahan – bahannya. Kemudian dimasak dengan api kecil hingga matang. Tanda kematangannya adalah bila dituangkan jatuhnya terputus – putus dan tercium aroma buah tomat yang khas. Yang terakhir adalah menuangkan adonan jeli ke dalam cetakan dan dibiarkan hingga mengeras. Seluruh sampel telah menyukai hasil jeli dari tomat tersebut.

KESIMPULAN
Buah tomat dapat dibuat jeli sebab mengandung pektin. Selain itu, tomat mengandung banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Cara membuat jeli tomat dimulai dengan membuat sari buah tomat terlebih dahulu. Kemudian sari buah tomat, gula, dan pengental (pektin) dimasak dengan api kecil hingga matang. Hasil jeli dari tomat memiliki warna merah kekuningan dengan rasa asam & manis, teksturnya-pun sudah cukup kenyal. Berdasarkan hasil angket, semua sampel telah menyukai hasil jeli dari tomat.

SARAN
1.      Sebaiknya dalam membuat jeli dari tomat ditambahkan sedikit pektin atau pengental lainnya dan dalam memasaknya gunakan api kecil.
2.   Sebaiknya orang tua memilih alternatif jeli dari tomat untuk jajanan anak anaknya, karena selain bisa jajan juga diperoleh beberapa manfaat dari kandungan gizi tomat.
DAFTAR RUJUKAN

Anonim.  2013.  Kerja Usaha : Peluang Usaha Pembuatan Jeli Kemasan.
     www.kerjausaha.com. (Diakses tanggal 30 Agustus 2014)
Anonim.  2013.  S1-2014-283716-chapter1.
Anonim.  2013.  Selai dan Jelly Buah.   
Anonim.  2014.  Manfaat Tomat. http://www.manfaat.net/manfaat
     tomat/. (Diakses tanggal 30 Agustus 2014)
http://id.wikipedia.org/wiki/Tomat
Ma'mun, Nurcholis.  2012.  Manfaat Dan Kandungan : Manfaat dan
     kandungan tomat
. http://manfaatdankandungan.blogspot.com. (Diakses
     tanggal 30 Agustus 2014)
 Nurfitriliani.  2013.  Nurfitriliani: Buah Mengandung Pektin dan Vitamin C.
     http://nurfitriliani-fitrie.blogspot.com/2013/11/buah-mengandung-pektin-dan
     vitamin-c.html. (Diakses tanggal 30 Agustus 2014)
PS, Tim Penulis.  2012.  Budi Daya Tomat Secara Komersial. Jakarta: Penebar
     Swadaya.

1 komentar:

  1. bermanfaat sihh buat kami yang membaca nyaa terimakasih atas ulasan nya
    🙂 jnagan lupa mampir di website dynda juga yaa kak 🙂
    http://www.kartumantap.com untuk saran dan masukan nya bisa di isi di
    kolom komentar yaa kak 🙂 terimakasih :*

    BalasHapus